Strategi Problem Solving Dengan Mengenali Masalah

Apabila sudah mengenal masalah yang dipunyai, maka Anda sudah menyelesaikan 50% dari masalah tersebut. Dengan masalah yang telah teridentifikasi, maka selanjutnya bisa untuk mencari solusi yang dapat untuk menyelesaikannya. Hal tersebut menjadi faktor penting untuk bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi yaitu menemukan masalah yang dialami. Strategi problem solving yang pertama adalah perlu untuk mengenali masalah yang sedang dihadapi.

Menemukan masalah dan mengatasi masalah yang dihadapi tersebut juga kadang tidaklah mudah. Di mana ada banyak hal yang dirasakan sehingga membuat masalah pribadi sendiri saja banyak yang tidak terpecahkan. Hal tersebut biasanya terjadi karena tidak bisa untuk mengidentifikasi akar dari masalah yang dihadapi, sehingga tidak bisa untuk menemukan solusi yang tepat. 


Agar membuat masalah teratasi, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai masalah sebenarnya yang dihadapi. Penting untuk melakukan identifikasi dan menarik akar dari permasalahan yang akan membantu untuk membuat permasalahan yang dihadapi dapat untuk terselesaikan. Cara untuk bisa mengenali dan menemukan masalah yang dihadapi tersebut bisa menggunakan poin penting ini untuk identifikasi dari sebuah masalah.

Mengetahui Masalah Yang Terjadi

Langkah penting pertama dari mengidentifikasi masalah adalah dari masalah inti yang sedang dihadapi. Misalnya saja untuk permasalahan yang dialami di dalam bisnis seperti berkurangnya pembeli yang dipunyai. Apabila biasanya Anda mendapatkan banyak pembeli akan tetapi kemudian berkurang. Maka hal tersebut merupakan permasalahan yang dihadapi yaitu berkurangnya pembeli yang datang seperti biasanya. 

Masalah tersebut perlu untuk dikenali dengan cara mempunyai catatan mengenai pemasukan yang dipunyai serta juga melihat banyaknya tamu yang datang. Sehingga dengan mengetahui bahwa konsumen yang dipunyai berkurang akan membantu untuk menemukan strategi problem solving yang tepat untuk bisa mengatasi masalah berkurangnya pelanggan yang datang.

Menemukan Penyebab Dasar Masalah

Setelah berhasil untuk mengidentifikasi permasalahan yang sedang terjadi, maka langkah selanjutnya adalah dengan menemukan akar dasar dari permasalahan yang terjadi. Di mana tidak akan ada asap kalau tidak ada api, permasalahan bisa timbul karena mempunyai penyebab yang menjadi faktor terjadinya masalah. Misalnya ketika menemukan masalah seperti di atas yaitu berkurangnya konsumen yang datang, maka bisa untuk menemukan penyebab mengapa konsumen sudah tidak datang untuk membeli lagi. 

Ada banyak faktor yang bisa mendasari hal tersebut, sehingga merupakan hal yang perlu dilakukan untuk bisa menemukan penyebab dari terjadinya masalah tersebut. Seperti karena harga yang naik, kualitas yang menurun, kebosanan karena tidak ada inovasi, adanya pesaing baru, dan juga hal lainnya yang menjadi penyebab dasar dari permasalahan yang dihadapi ketika kehilangan konsumen yang sudah tidak berkunjung lagi.

Dampak Masalah Yang Timbul

Identifikasi dan mendefinisikan masalah selanjutnya adalah dengan mengenali dampak masalah yang dapat timbul. Di mana dari permasalahan yang dihadapi akan membuat dampak yang dirasakan. Untuk masalah kehilangan pembeli yang datang maka akan membuat keuntungan yang berkurang dan membuat pemasukan menurun. Sehingga hal tersebut membuat kerugian dan pada waktu yang lama bisa untuk membuat tidak mempunyai modal dan menyebabkan gulung tikar. Buat rincian juga mengenai dampak permasalahan yang dialami dan dapat terjadi untuk bisa menjadi langkah mengambil keputusan yang tepat.

Setelah berhasil untuk melakukan identifikasi masalah dan juga akar masalah yang dihadapi. Maka bisa untuk melakukan hal yang dapat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Untuk permasalahan pelanggan yang tidak datang lagi misalnya, bisa untuk membuat keputusan untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Seperti dengan memberikan diskon dan promo yang menarik, membuat tempat yang lebih baik dan nyaman, menawarkan inovasi produk, dan juga cara lainnya untuk bisa mengatasi masalah.

Di mana strategi problem solving yang diambil perlu untuk langkah penanganan yang tepat. Setelah identifikasi masalah, perlu untuk mengumpulkan informasi untuk melakukan analisa terlebih dahulu. Baru kemudian dapat membuat solusi alternatif dengan kekurangan dan keuntungan dari solusi yang tersedia tersebut agar bisa memilih solusi yang terbaik. Tingkatkan kemampuan problem solving dengan belajar mengenai soft skill yang dibutuhkan untuk bisnis dan juga profesional di Prasmul-ELI dengan program singkat yang bisa mendaftar sekarang juga di nomor +62 811 1991 1168.
OlderNewest

Post a Comment